Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Anggota DPR RI Lamhot Sinaga Tinjau Diklat 3 In 1 Produksi Pengolahan Pangan di Top Ten Cafe Pangururan, Samosir.

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Toba  -  Tanggal 13 April 2023 yang lalu, Ir. Lamhot Sinaga, anggota DPR RI dari fraksi Golkar melakukan peninjauan kegiatan Diklat 3 in 1 yang diadakan oleh Balai Diklat Industri Medan di Top Ten Cafe Pangururan, Kabupaten Samosir Sumatera Utara.


Diklat yang berlangsung selama 12 hari ini diikuti oleh 50 peserta yang semuanya adalah pelaku usaha di bidang kuliner utamanya roti dan makanan ringan dari Kabupaten Samosir.


Oloan Indra Nainggolan (kemenperin) dalam laporannya menyampaikan bahwa Diklat 12 hari ini sudah mampu memberi pengetahuan dan keahlian yang cukup kepada peserta untuk membuat olahan makanan yang berkualitas dan layak dijual.


Dalam sambutan dan arahannya, Ir. Lamhot Sinaga menyampaikan kepada peserta bahwa tujuan diadakannya Diklat ini adalah untuk mendidik warga Samosir agar mampu menjadi Pelaku Usaha. Kita mendorong agar lahir para Wirausaha Baru di daerah Samosir, seiring dengan penetapan Kawasan Danau Toba menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.


Sejak penetapan itu, pembangunan di Kawasan Danau Toba meningkat tajam dan itu berdampak kepada berbagai kemajuan di Kawasan Danau Toba. 


Diharapkan, lanjut Lamhot Sinaga, berbagai aktifitas pembangunan itu akan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisata ke Danau Toba utamanya Samosir. Saat ini sedang di bangun 2 Hotel Berbintang 5 di Samosir, Labersa Hotel dan Marina Hotel. Ditambah dengan hotel hotel yang sudah ada.


Nah, hotel hotel ini butuh support dari pelaku usaha lokal utamanya yg berhubungan dengan penyediaan food and beverage.


Inilah peluang usaha yang cukup bagus nanti bagi warga Samosir, menjadi suplier hotel hotel dan event event yang akan diselenggarakan. Oleh sebab itu, perlu disiapkan Sumber Daya Manusia yang mampu untuk itu. Itulah tujuan saya menginisiasi Diklat ini, kata Lamhot Sinaga, anggota DPR dari fraksi Golkar ini.


Harapan saya, tambah Lamhot Sinaga. Para peserta harus bisa memanfaatkan betul pelatihan yang akan berlangsung selama 12 hari ini. Jalin kerjasama dengan pemain lama seperti Neko Neko Bakery dan PT Sari Roti. Jalin komunikasi dengan Hotel-Hotel dan event organizer (EO).


Ibu Ade br Situmorang, salah satu peserta yang juga sudah memulai usaha makanan ringan di Samosir mengucapkan terimakasih banyak kepada Ir. Lamhot Sinaga yang telah menginisiasi Diklat ini sehingga kami bisa mendapatkan pengetahuan baru, katanya. Tak lupa Ade br Situmorang mengucapkan terimakasih buat para mentor dan pelatih. Juga kepada Balai Diklat Industri Medan, Neko Neko Bakery dan PT Sari Roti, turut juga disampaikan ucapan terimakasih.


Hadir dalam kesempatan kunjungan ini, Bpk Indra Oloan Nainggolan, Simon Sebayang, Ruth Evelyn Parhusip, Rudy Sinaga (Kemenperin), pihak Neko Neko Bakery, PT Sari Roti dan beberapa Tokoh Masyarakat Samosir.


( MP Thompson  )

Share:
Komentar

Berita Terkini