Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Pj Bupati Deli Serdang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Deli Serdang - Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024. Upacara berlangsung di halaman Kantor Bupati Deli Serdang Sabtu, (1/6/2024).


Dalam amanatnya, Pj Bupati Deli Serdang membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD


Ia mengatakan, Hari Lahir Pancasila adalah Hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa yang pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).


Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa pemersatu bangsa Menuju Indonesia emas 2045,” ujarnya.


Ia menjelaskan, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dalam segala perbedaan suku, agama, budaya dan bangsa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju mandiri dan berdaulat.


Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara


“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,”Katanya.


Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong


“Keberagaman yang ada merupakan berkat, yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.


Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, lanjut Pj Bupati, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Pj Bupati menyebutkan, dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.


“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara,” ujarnya.


Ia menambahkan, kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.


“Kita arus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila !” Tutupnya


Turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman; Sekretaris Daerah, H Timur Tumanggor SSos MAP; Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor, Para Pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, Ormas Agama dan Kepemudaan dan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) dan lainnya (WT-Tambunan)

Share:
Komentar

Berita Terkini