Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Bikin Hidup Lebih Hidup Nats : Galatia 5:15-26

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Medan  -  Orang percaya dalam iman yang bertumbuh dengan baik dan benar, akan selalu memiliki kehidupan yang hidupnnya di pimpin oleh Roh Kudus secara akitf. Artinya orang-orang percaya memiliki gaya hidup yang tidak sembarangan dan ceroboh, karena kehidupannya selalu terpimpin dengan baik oleh Roh Kudus. Ada banyak orang Kristen jaman sekarang tidak sedikit hidupnya sudah tidak lagi hidup didalam roh, sehingga melakukan aktifitas-aktifitas kerohanian yang hanya menjadi rutinitas-rutinitas keagamawian, bahkan kehidupannya semakin lebih parah dari sebelumnya. Padahal gaya hidup didalam roh adalah dasar utama kita sebagai orang percaya, karena kita adalah manusia roh. Jadi hidup didalam roh adalah sangat penting bagi kita, apalagi kita hidup dalam dunia dan hidup dalam kegerakan akhir zaman yang sudah semakin dekat. Jadi apa dampak kita hidup dalam roh?


1. Memiliki Pengendalian Diri Yang Baik. Galatia 5:16-22

Dalam akhir zaman ini, kita menyadari bahwa tantangan demi tantangan sering terjadi dalam kehidupan kita, dan bahkan bukan hanya menantang kita untuk kita  tetap bertahan hidup didalam roh, tetapi juga menantang kita untuk kita mempertahankan gaya hidup kita didalam roh dan kebenaran. Tidak mudah bagi orang percaya untuk kita bisa mempertahankan hidup kita didalam roh, karena dunia menawarkan kita bahwa dunia lebih enak daripada hidup didalam roh(Matius 4:8-9). Dunia ini akan selalu menawarkan hal-hal yang kita lihat indah, tetapi justru menjatuhkan kita dalam dosa, bahkan kita kehilangan kemuliaan Allah, karena kita lebih memilih hidup dalam kebahagaian dosa yang sifatnya sementara. Oleh sebab itu hidup didalam roh yang akurat akan terus membuat kita mampu memiliki pengendalian diri yang baik dalam diri kita, sehingga apapun yang menarik hidup kita tidak akan mudah terpengaruh karena orh yang kita miliki lebih besar daripada dunia ini(1 Yohanes 4:4).


2. Menuntun Hidup Kita Tetap di Jalan Kebenaran. Galatia 5:16-22

Orang yang hidup didalam roh secara akurat akan terpimpin hidupnya didalam kebenaran, karena kebenaran adalah dasar hidup didalam roh. Ada banyak orang percaya jaman sekarang sudah tidak lagi memiliki hidup didalam kebenaran karena tidak menjadikan hidup didalam roh menjadi gaya hidup kita. Kita mudah terpengaruh untuk memilih korupsi, perselingkuhan, kecurangan, dan bahkan pembunuhan, demi hidup yang lebih enak didunia ini, sehingga kita sudah tidak lagi menyadari bahwa hidup kita semakin jauh daripada Tuhan. Ini terjadi karena kita tidak membiasakan hidup kita untuk hidup didalam roh, bahkan mungkin kita takut untuk memulai hidup didalam roh. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk bertumbuh dalam iman dan dalam pemahaman hidup dalam roh.


3. Menuntun Kita Semakin Rendah Hati(mau di bentuk). Galatia 5:24-26

Ayat ini juga menunjukan bahwa dasar dari orang yang hidupnya didalam roh, yaitu memiliki kerendahan hati yang luar biasa, dan mudah dibentuk. Artinya orang-orang yang hidup didalam roh adalah orang-orang yang memiliki ketulusan hati dalam hidup melayani, tidak memiliki ke irian hati, kedengkian dan mudah di bentuk. Ada banyak orang percaya, bahkan sibuk melayani dna sebagainya, tetapi belum tentu memiliki hati, yang rendah hati, atau mudah dibentuk. Bahkan tidak sedikit kita menemukan orang-orang yang sibuk melayani, persekutuan dan sebagainya, jsutru jatuh dalam dosa kekuasaan, perselingkuhan, ketamakan, dan sebagainya. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mempertahankan hidup didalam roh, agar kita terus memilki kerendahan hati yang kuat, dan mau dibentuk untuk menjadi lebih baik lagi sebagai orang percaya. 


Kesimpulan: Jadi sebagai orang percaya hidup didalam roh seharunya sudah menjadi gaya hidup kita pada masa sekarang, sehingga kehidupan kita dalam melewati tantangan demi tantangan akan lebih mudah kita atasi karena kita memiliki pengendalian diri yang kuat. Kita tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang membuat kita jauh daripada Tuhan, karena kita terus mau di tuntun oleh roh agar kita tetap berada dijalannya. Kerendahan hati adalah dasar orang percaya hidup didalam roh, karena kerendahan hati akan memudahkan kita untuk kita mau dibentuk melewati proses apapun untuk menggenapi rencanaNya. Amin 


Ev. Ariston Napitupulu M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini