Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Wabup Toba Buka Launching SNI Kopi Bubuk dan Sosialisasi TUSI BPSIP Sumatera Utara

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Toba  -  Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak secara resmi membuka Sosialisasi Tugas dan Fungsi  (TUSI) Balai Penetapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Sumatera Utara dan Launching (peluncuran) Standar Nasional Indonesia (SNI) Kopi Bubuk yang digelar oleh BPSIP  Sumatera Utara bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Toba yang diselenggarakan di Balai Data Kantor Bupati Toba di Balige, Rabu,(1/11/ 2023).


Dalam sambutannya, Wabup Tonny menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran Bupati Toba karena sedang berada  di Jakarta terkait hal persiapan gelaran Aquabike yang akan dilaksanakan pada bulan November 2023.


Wabup Tonny juga turut mengundang para peserta yang hadir pada acara ini untuk menghadiri even internasional yang akan diselenggarakan di Venue Balige pada tanggal 25-26 November nanti.


Terkait kegiatan yang diselenggarakan hari ini, Wabup Tonny berharap usai kegiatan ini diikuti Kabupaten Toba bisa ikut serta dalam persaingan kopi di dunia internasional.


"Kami pemkab bangga dan senang atas keikutsertaan petani kopi Toba dalam persaingan kopi di Indonesia bahkan di dunia internasional, pun demikian agar Dinas Koperindag turut bekerjasama dalam membantu UMKM kita di Toba," ucap Tonny.


Wabup Tonny bahkan berharap hasil pertanian melalui produk kopi Toba dapat benar-benar bersaing terlebih sektor pertanian merupakan bagian dari program nasional yang diusung oleh Presiden RI, Joko Widodo.


"Oleh karena itu, mari kita ikuti kegiatan ini dengan baik agar kualitas produk kita dapat berbicara banyak di dunia," kata Wabup Tonny mengakhiri sambutannya. 


Sementara itu, Kepala BPSIP Sumut, Khadijah EL Ramija, pada sambutannya mengucapkan terima kasih karena telah disambut dengan baik dalam membangun Toba dan Sumatera Utara untuk bidang pertanian.


Dikatakan lagi bahwa BPSIP di hari Kamis, 2 November 2023 bertempat di Cafe Gurgur akan lakukan bimbingan teknis (bimtek) untuk petani kopi di Toba dimana yang menjadi narasumbernya adalah petani sekaligus pengusaha Mora Coffee yang telah bersertifikat SNI, Tonny Sitorus.


"Acara ini ditujukan untuk mendapatkan sertifikat SNI dan kita berharap kopi kita ini dapat kita bawa semakin mendunia. Kalo kopi pak Tonny bisa mendapatkan sertifikat SNI, kenapa tidak dengan petani-petani kopi kita yang lain," ujar Khadijah lagi.


Turut mendampingi Wakil Bupati Toba, Staf Ahli Bupati, Darwin Sianipar, dan Kadis Koperindag, Salomo Simanjuntak.



(MPNews/Rion Sigal)

Share:
Komentar

Berita Terkini