Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Mimpi Yang Menjadi Kenyataan Nats: Kejadian 45:5-8

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Medan  -  Bagi orang percaya sudah seharusnya yakin bahwa hidup kita ada didalam rencana Tuhan yang indah dan bahkan tidak terselami, yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Jadi seharusnya kita percaya bahwa ada rencana Tuhan dalam kehidupan kita, sekalipun kita menghadapi masalah, menghadapi situasi dan kondisi yang mungkin tidak kita inginkan. Artinya kepercayaan kita akan Tuhan seharusnya tidak boleh dicampur adukan dengan kekawatiran, keraguan dan sebagainya, yang membuat iman kita lemahFilipi 5:6-7. Dalam ayat nats, kita dapat membaca dimana dikatakan bahwaYusuf menyadari bahwa pencapainnya yang dimulai dari mimpi, dan mimpinya pada saat itu sesuai dengan rencana dan kehendak Allah. Oleh sebab itu kita akan belajar lebih lagi dari kehidupan Yusuf, bagaimana dia dapat memahami dari mimpi yang sesuai dengan rencana Tuhan didalam kehidupannya, dan kita juga seharusnya demikian sebagai orang percaya.


1 . Yusuf menyadari akan ada perubahan dalam kehidupannya dimasa depan sekalipun dimulai dari mimpi. Kejadian 37:5-11.

Dalam ayat ini kita melihat bahwa dari awal Tuhan telah menunjukan kepada Yusuf lewat mimpi-mimpi yang dia alami, yang dimana mimpi tersebut mengarah kepada keluarganya, yang menunjukan bahwa Yusuf akan berpengaruh didalam keluarganya. Dari sini saya mendapati, sebenarnya Yusuf sudah menyadari bahwa Tuhan punya rencana atas hidupnya, sehingga dia dpat fokus akan visi Tuhan dalam kehidupannya, sekalipun dia melewati tantangan yang berat.. Artinya sebagai orang percaya, kita seharusnya juga menyadari, bahwa ada rencana Tuhan yang besar dalam kehidupan kita, yang mungkin kita tidak dapat membayangkan hal tersebut akan terjadi dalam kehidupan kita. Namun ada banyak orang percaya jaman sekarang, tidak menganggap lagi penting rencana Tuhan dalam kehidupannya. Ada banyak orang sudah semakin terbiasa dengan kehidupannya, sehingga membuat dirinya lupa dan tidak menyadari bahwa Tuhan terlibat dalam kehidupan kita. Artinya rencana Tuhan yang indah dalam kehidupan kita, akan terjadi jika kita dapat menyadari bahwa Tuhan punya rencana dalam kehidupan kita, sekalipun kita melewati masalah, situasi dan kondisi yang tidak kita inginkan. 


2 . Mempersiapkan diri dengan baik. Kejadian 21:1-41

Salah satu rencana Tuhan dapat terjadi didalam kehidupan Yusuf adalah Yusuf mampu mempersiapkan dirinya untuk rencana Tuhan yang besar dimasa depannya. Jika kita baca dalam ayat Kejadian 41:16, kita dapat melihat, dimana Yusuf mengakui bahwa Tuhanlah yang memberikan pengertian akan mimpi Firaun, sehingga dia dapat mengartikan mimpi tersebut, dan bukan oleh karena kekuatannya. Dan dalam ayat Kejadian 41:38-39, Firaun menyadari bahwa Yusuf memiliki potensi yang besar dalam tanggung jawab yang besar, dan Firaun mengangkat Yusuf. Artinya Yusuf sebelumnya telah mempersiapkan dirinya dalam setiap apapun yang dia alami, sehingga kapasitas Yusuf semakin besar, dan dia sudah mampu menerima tanggung jawab yang besar. Artinya agar rencana Tuhan yang besar dalam kehidupan kita, pastikan kita mempersiapkan diri kita lebih lagi, dan mengembangkan kapasitas yang kita miliki sekarang, sehingga dikemudian hari kita lebih siap lagi akan tanggung jawab yang besar, karena kapasitas kita semakin besar. Jadi pastikan kita mempersiapkan diri kita, dan jangan pernah menganggap sepele akan siapa diri kita, karena Tuhan punya rencana besar dalam kehidupan kita.


3. Mampu mengendedalikan diri dengan baik. Kejadian 42:8-9, 43:30-31,

Inilah gaya hidup yang Yusuf miliki, dimana dia mampu mengendalikan dirinya, sekalipun itu sulit untuk dilakukan. Yusuf dapat mengendalikan dirinya, sekalipun sebagian keluarganya tidak menerimanya(Kejadian 37:12-36, Yusuf dapat mengendalikan dirinya sekalipun dia difitnah(Kejadian 391-23, Yusuf dapat mengendalikan dirinya sekalipun dia dilupakan teman-temannya(Kejadian 40:1-23, dan Yusuf dapat mengendalikan dirinya dihadapan saudara-saudaranya untuk tetap diam dan mengikuti rencana Tuhan (Kejadian 42:8-9, 43:30-31, 50:15-21. Yusuf bisa saja tidak menerima apa yang diperlakukan oleh keluarganya, di pekerjannya(dirumah Potifar), dan teman-temannya, tetapi Yusuf tidak mengambil keputusan yang salah dengan emosi sesaat. Yusuf terus mengikhlaskan apa yang dia alami, karena dia tahu rencana Tuhan besar di kemudian hari. Artinya kita juga seharusnya demikian, dimana kita dapat mengendalikan diri kita sekalipun masalah yang kita hadapi tidak seharusnya kita terima. Jadi rencana Tuhan akan terjadi jika kita mampu mengendalikan diri kita dengan baik dan benar didalam Tuhan. Oleh sebab itu, pastikan kita memiliki pengendalian diri dengan baik, karena pengendalian diri akan menjaga kita untuk kita tidak jatuh dalam dosa, kesombongan dan jerat iblis.


Kesimpulan: Jadi sesungguhnya Tuhan punya rencana besar atas kehidupan orang-orang percaya, yang dimana rencanya lebih besar daripada apa yang kita bayangkan. Artinya sebagai orang percaya, sudah seharusnya kita menyadari bahwa Tuhan terlibat didalam setiap situasi dan kondisi yang kita alami, sehingga kita harus sadar dan mempersiapkan diri kita untuk menerima tanggung jawab yang besar yang akan Tuhan berikan atas kita didalam dunia ini. Oleh sebab itu pastikan kita juga dapat mampu mengendalikan diri kita dengan melatihnya didalam doa, baca firman dan sebagainya. Kenali siapa diri kita, maka kita akan mengenali siapa Tuhan dalam kehidupan kita. Amin 


Ev. Ariston Napitupulu S.Th, M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini