Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Menarik PerhatianTuhan Nats: 1 Samuel 16:12-13.

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Medan  -  Dalam bahasa Indonesia "mencari perhatian" adalah memperlihatkan, atau menampilkan sesuatu agar dapat dilihat. Pada umumnya manusia ketika mencari perhatian pasangannya akan menunjukkan kelebihan atau sesuatu dari dirinya agar pasangan tersebut timbulbrasa ketertarikan. Raja Daud adalah salah satu contoh bagaimana Raja Daud berhasil menarik perhatian Tuhan lewat hidupnya, sehingga dia berhasil dalam masa kerajaannya. Kita akan belajar bagaimana cara Raja Daud menarik perhatian Tuhan, sehingga dia di percayakan Tuhan dan di pakai Tuhan secara luar biasa.


1. Percaya total kepada Allah. 1 Samuel 17:45

Ayat ini adalah dimana keadaan Raja Daud dalam medan pertempuran yang nyata didalam hidupnya yang belum pernah dia alami sendiri sebelumnya. Ayat ini menunjukan dimana sekalipun Daud tidak pernah berperang, namun dia tidak takut sama sekali, karena Daud percaya total kepada Tuhan. Artinya kehidupan Daud sebelum menghadapi Goliat, dia sudah terbiasa dengan tantangan yang besar yang dia hadapi selama dia hidup. Ini menarik perhatian Tuhan, kenapa Daud dipilih untuk menjadi raja bagi orang Israel, yaitu Daud percaya total kepada Tuhan apapun tantangannya. Ada banyak orang percaya jaman sekarang ketika menghadapi tantangan demi tantangan, tidak sedikit goyang dalam imannua, dan bahkan ragu akan kepercayaannya kepada Tuhan, sehingga rencana Tuhan tidak terjadi dalam hidup kita. Artinya orang yang menarik perhatian Tuhan adalah orang-orang yang mempercayakan hidupnya kepada Tuhan secara totalitas apapun tantangannya.


2. Mau dikritik(update diri). 2 Samuel 12:13.

Inilah salah gaya hidup daripada Raja Daud yang menarik perhatian Tuhan, yaitu Daud bisa menerima koreksi, dan meng-update dirinya dengan baik. Artinya Daud memiliki hati yang mau dibentuk sekalipun dia adalah orang penting di masanya. Artinya sebagai orang percaya sangat penting bagi kita untuk kita memiliki gaya hidup yang meng-update diri kita untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya, karena update diri atau uprgade diri adalah ciri-ciri orang yang bertumbuh didalam Tuhan, sekalipun kita memiliki jabatan yang tinggi dan sebagainya. Ini menarik perhatian Tuhan dalam hidup orang percaya, yaitu siap di bentuk dari dalam kekurangan dan kelemahan diri kita. Oleh sebab itu pastikan kita memiliki hati yang siap dibentuk oleh Allah.


3. Menyukai firman Tuhan(ibadah). Mazmur 119:97.

Salah satu yang menarik perhatian Tuhan dalam hidup Daud adalah dia menyukai firman Tuhan. Artinya Daud yang adalah dahulunya seorang gembala, lalu menjadi raja, dia tetap menyukai firman Tuhan, karena inilah gaya hidup Daud, sekalipun banyak tantangan yang besar dihadapannya, dia tetap memberika waktu untuk dekat kepada Tuhan dengan membaca firman Tuhan. Artinya Tuhan sangat tertarik dengan orang-orang yang menyukai firman Tuhan. Tidak sedikit kita temukan pada jaman sekarang firman Tuhan sudah tidak menjadi yang terutama dalam kehidupan kita, dikarenakan kita lebih takut akan tantang yang akan kita hadapi daripada dekat sama Tuhan. Oleh sebab itu pastikan bahwa firman Tuhan adalah yang terutama dalam hidup kita untuk kita pegang dalam segala situasi dan keadaan tantangan yang kita hadapi. Artinya ketika kita mengutamakan Tuhan dalam hidup kita maka Tuhan sangat tertarik atas apa yang kita lakukan.


Kesimpulan: Jadi menarik perhatian Tuhan adalah salah satu gaya hidup yang harus kita lakukan dengan cara mempercayai Tuhan secara total dan tidak ragu-ragu, karena Tuhan akan bertanggung jawab atas hidup kita. Oleh sebab itu pastikan kita terus meng-update atau upgrade diri kita dengan mau mengkoreksi diri kita agar lebih baik lagi kedepannya. Dasar segala sesuatunya didalam hidup kita dengan mengutamakan firman Tuhan, maka Tuhan sangat tertarik atas apapun yang kita lakukan didalam Dia. Amin


Ev. Ariston Napitupulu S.Th, M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini