Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Tujuan Yesus lahir kedunia. Nats: 1:26, 3:1-8

Editor: MediaPendampingNews.com author photo


MPnews.Medan  -  Banyak orang percaya datang beribadah tetapi tidak tahu apa tujuan Tuhan lahir kedunia.

 Karena ada banyak orang sibuk sana-sini mempersiapkan perayaan natal, melayani dan sebagainya, tapi belum mengerti tujuan Tuhan Yesus lahir kedunia. Oleh sebab itu kita akan belajar tentang apa tujuan Tuhan Yesus lahir kedunia.


1. Memperbaiki gambar dan rupa Allah dalam diri Manusia yang telah rusak. Kejadian 1:26, 3:11, 4:5-10.

Sebenarnya hari kelahiran Yesus dan hari natal tidak ada jika manusia tidak jatuh dalam dosa, tetapi karena manusia jatuh dalam dosa, sehingga Tuhan Yesus harus lahir kedunia. Salah satu alasan Tuhan Yesus lahir kedunia adalah untuk memperbaiki gambar dan rupa Allah dalam diri manusia yang sudah rusak pertama kali sejak Adam dan Hawa. Dalam Kejadian 1:26, jelas dikatakan bahwa dalam diri manusia ada gambar dan rupa Allah, yaitu karakter Allah(Kasih) 1 Yohanes 4:7-8. Kita dapat melihat pada jaman sekarang Kasih Allah yang seharusnya ada dalam diri manusia malah sudah tidak ada lagi(rusak). Sehingga tidak heran kita sering melihat berita, pembunuhan antara saudara sendiri terjadi. Oleh sebab itu Yesus lahir kedunia menunjukan bahwa gambar dan rupa Allah ada juga dalam diriNya sebagai manusia. Oleh sebab itu pastikan kita menyadari bahwa gambar dan rupa Allah tidak rusak dalam diri kita. 


2. Memperbaiki keluarga yang telah rusak. Kejadiab 3:1-7.

Jika kita baca dengan seksama dalam kejadian 3, saya mendapati sebenarnya bukan Hawa yang memulai jatuhnya manusia dalam dosa, tetapi Adam yang tidak benar dalam membangun keluarga yang benar didalam Tuhan. Kita dapat melihat dimana pada waktu perbincangan Hawa dengan ular(iblis), ternyata Adam ada juga bersama-sama dengan Hawa, Adam juga menyaksikan semua itu terjadi, dan bahkan ketika Hawa memberikan buah yang terlarang, Adam menerimanya tanpa ada penolakan sedikitpun dari istrinya. Artinya Adam sebagai suami sudah tidak lagi menjadi pemimpin keluarga yang benar, karena dia melihat istrinya mau jatuh dalam dosa tetapi dia membiarkannya, dan bahkan ikut terlibat. Artinya Adam sudah merusak kehidupan keluarga yang benar didalam Tuhan, sehingga manusia mudah jatuh dalam dosa. Jadi sangat penting keluarga dibangun dengan dasar firman Tuhan. Oleh sebab itu Yesus lahir untuk memulihkan keluarga manusia yang telah rusak, karena kita adalah keluarga Allah. 


3. Memperbaiki hubungan yang telah rusak. Kejadian 3:8-24.

Ini yang terjadi ketika manusia jatuh dalam dosa, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan menjadi rusak, sehingga kita yang tadinya dekat dengan Allah menjadi jauh dan berjarak dikarenakan dosa. Saya mendapati disini, Adam dan Hawa bukan hanya merusak hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi dengan sesama manusia, yaitu Adam dan Hawa yang ketika ada masalah saling tuduh menuduh(Kejadian 3:12). Artinya mereka bukan hanya sudah merusak hubungan mereka dengan Allah, tetapi mereka  sudah merusak hubungan antara suami-istri(sesama).

Oleh sebab itu mari kita renungkan, bagaimana hubungan kita selama ini yang sudah kita bangun, bukan hanya kepada Tuhan tetapi juga antar sesama manusia, karena salah satu tujuan Yesus lahir kedunia ini adalah untuk memperbaiki hungan kita dengan Tuhan dan demgan sesama manusia.


Kesimpulan: Jadi pastikan kita memahami bahwa Tuhan Yesus lahir kedunia ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk memperbaiki gambar dan rupa Allah yang telah rusak, memperbaiki keluarga, dan memperbaiki hubungan manusia dengan Allah dan dengan sesama. Oleh sebab itu pastikan kita tidak menyia-nyiakan hari natal dengan biasa-biasa saja, tetapi pastikan kita menyadari siapa diri kita dan memperbaiki apa yang seharusnya kita perbaiki dalam diri kita, keluarga dan sebagainya. Amin


Ev. Ariston Napitupulu S.Th, M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini