Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Jelang Hari Raya Idul Adha, Kapolres Dairi Sidak Perternakan Hewan Sapi Antisipasi Virus PMK

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews,Dairi // Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M Tim bersama Satgas Pangan Polres Dairi lakukan pengecekan terhadap hewan ternak Sapi di peternakan milik Bapak Sinulingga yang berlokasi di Jalan Pesantren Kelurahan Sidiangkat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Kamis (8-06-2023). 


Mengantisipasi Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Jelang Hari Raya Idul Adha, Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman mengecek langsung hewan ternak Sapi untuk mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. 


Hasil dari pengecekan sejumlah hewan ternak yang berada di dalam kandang dalam kondisi sehat dan gemuk. 


Yang mana Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman pun sempat melakukan pengecekan di bagian mulut hewan ternak, dimana hal tersebut merupakan salah satu titik gejala dari virus PMK. 


Di lokasi itu juga, beberapa hewan ternak sudah laku terjual untuk dijadikan hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha nantinya. 


Hari ini, kita dari tim Satgas Pangan Daerah, melaksanakan pengecekan ke beberapa daerah peternakan sapi, khususnya menjelang hari Raya Idul Adha, " Ujar AKBP Wahyudi Rahman. 


"Dimana diketahui bahwa beberapa hewan ternak yang ada di Kabupaten Dairi merupakan hewan ternak yang berasal dari luar Kabupaten Dairi, sehingga khawatir terjangkit penyakit virus PMK. 


"Maka itu Tentunya ini harus kita pastikan keadaan hewan tersebut kesehatannya terutama terkait penyakit PMK , " Terangnya AKBP Wahyudi Rahman.


Oleh sebab itu, pihak tim Satgas Pangan Polres Dairi bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Dairi melakukan pengecekan terhadap hewan ternak untuk memastikan tidak ada Sapi yang terjangkit virus PMK. Jelasn AKBP Wahyudi Rahman.


Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman pun meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir dan tidak panik adanya virus PMK, Sampai dengan saat ini kita memastikan bahwa di Dairi masih bebas dari PMK.


"Dan masyarakat tidak perlu risau, tidak perlu khawatir, tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, kemudian juga tidak perlu ragu dalam membeli hewan kurban khususnya Sapi di peternakan - peternakan yang ada di Kabupaten Dairi, " Tutupnya. 


Sebelumnya, tim Satgas Pangan yang dipimpin oleh Kanit Ekonomi Polres Dairi, Aipda Fresnel Manik bersama dokter hewan dari Dinas Peternakan juga sudah melakukan pengecekan terhadap hewan ternak sapi di Peternakan Sidiangkat.


( MP  RBY  )

Share:
Komentar

Berita Terkini