Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Mengikut Tuhan Yesus Nats:Yohanes 14:6-7

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Medan  -  Kepercayaan dalam mengikuti Kristus adalah kepercayaan iman yang tertuju pada Yesus Kristus Tuhan kita. Artinya mengakui bahwa Yesus sebagai Tuhan dan jurus selamat kita. Pertanyaannya, apakah kita benar-benar memahami, menyadari, dan bahkan hidup sebagai pengikut Kristus? Karena ada banyak orang percaya yang mengikut Kristus belum tentu memahami apa arti menjadi pengikut Kristus. Oleh sebab itu kita akan belajar bagaimana menjadi pengikut Kristus yang sesungguhnya.


1. Mengikut Kristus bukan  karena aktifitas, tetapi anugerah. Yohanes 14:6.

Tuhan Yesus menegaskan bahwa dalam ayat ini menunjukan bahwa tidak ada jalan lain untuk menerima kehidupan selain daripada Tuhan Yesus Kristus. Dalam 1 Korintus 15:10, Paulus menyadari sekalipun dia telah bertobat, dan melayani dengan luar biasa, tetapi dia menyadari bahwa bukan karena perbuatan pertobatannya dia dapat hidup dalam Kristus, tetapi dia menyadari bahwa hidupnya adalah anugerah daripada Tuhan. Artinya, jika kita menyadari bahwa hidup kita adalah anugerah, maka kita tidak akan berpikir semua yang kita lakukan baik dalam hidup yang benar, melayani dan sebagainya adalah syarat kita untuk masuk kedalam kerajaaNya, tetapi menyadari bahwa semua yang kita lakukan baik hidup benar, melayani dan sebagainya adalah anugerah. Oleh sebab itu hidup dalam penyadaran akan anugerah Allah akan berdampak bagi kehidupan kita, baik dalam pelayanan dan sebagainya, yang membuat kita tidak akan bersungut-sungut dalam kehidupan kita. 


2. Mengikut Kristus memiliki gairah untuk bertumbuh( iman yang hidup). Yohanes 15:2

Dalam ayat ini jelas dikatakan bahwa hidup orang percaya harus menghasilkan buah. Artinya salah satu ciri-ciri pengikut Kristus yang sesungguhnya, adalah memiliki kehidupan yang bergairah untuk hidup dalam pertumbuhan iman. Artinya juga, hidup menjadi pengikut Kristus bukan sekedar ikut-ikutan saja seperti ekor yang tidak melakukan apa-apa, tetapi harus menghasilkan buah yang berdampak baik dalam kehidupan kita ataupun orang lain. Artinya hidup orang percaya harus terus mengalami perubahan baik dalam kehidupan pribadi kita didalam Tuhan, pelayanan dan sebagainya yang menunjukan pertumbuhan, perkembangan dan pergerakan yang mengarah kepada Kristus.



3. Mengikut Kristus berarti mengenal Dia. Yohanes 14:7.

Sebagai pengikut Kristus adalah mutlak bagi kita untuk mengenal siapa Kristus itu sendiri. Karena banyak orang percaya jaman sekarang yang katanya "pengikut Kristus" tetapi tidak mengenal siapa Kristus. Artinya banyak orang-orang yang menjadi Kristen, belum tentu mengenal siapa Kristus Yesus Tuhan kita, sehingga kegiatan ibadah, pelayanan, dan sebagainya hanya menjadi rutinitas biasa saja, tanpa tahu kemana tujuan ibadah, pelayanan dan sebagainya. Tidak sedikit kita melihat jaman sekarang ibadah, pelayanan dan sebagainya sudah menjadi ajang hanya untuk membuat keuntungan pribadi saja, sehingga ketika mengalami goncangan kita merasa rugi dan sebagainya, padahal ibadah, pelayanan dan sebagainya adalah untuk Tuhan. Oleh sebab itu pastikan kita mengalami pengenalan akan Kristus dalam hidup kita, sehingga kita tidak akan perhitungan baik dalam ibadah, pelayanan dan sebagainya.


Kesimpulan: Jadi jelas bahwa untuk menjadi pengikut Kristus tidak hanya sekedar ikut-ikutan saja, tetapi harus juga memastikan bahwa hidup didalam Kristus adalah anugerah, sehingga membuat kita sadar atas apa yang kita lakukan adalah untuk mempermuliakan namanNua dan bukan untuk keuntungan pribadi. Jika kita menyadari bahwa kita adalah pengikut Kristus yang sesungguhnya, maka kita juga akan terus memiliki gairah untuk bertumbuh dalam iman dan menghasilkan pengenalan akan Tuhan yang akurat. Amin


Ev. Ariston Napitupulu M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini