Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Gawat....Harga Pupuk Subsidi Melebihi Harga Het Di Kabupaten Deli Serdang

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews Deli Serdang  -  Harga pupuk  subsidi Urea dan Ponska melebihi harga yang ditetapkan Pemerintah  di Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatra Utara. 


Naiknya harga pupuk bersubsidi melampaui harga yang ditetapkan pemerintah tersebut dialami para warga petani di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatra Utara.

 Menurut keterangan salah seorang petani, yang juga merupakan anggota salah satu kelompok tani  MT kepada awak media  di lokasi lahan pertanian miliknya, di Kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang mengatakan,  kami membeli pupuk  subsidi Urea seharga Rp 135 ribu dan Phonska Rp. 145 per zak dari kios pupuk, dan itu pun jumlahnya sudah di kurangi, yang biasanya 12 zak per enam bulan sekarang menjadi 10 zak  per enam bulan, alasannya kios pupuknya mendapatkan pengurangan jatah dari pemerintah.


MT mengatakan kepada awak media, mereka membeli pupuk tersebut  di kios pupuk yang beralamat di jalan binjai KM 10,5 Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatra Utara.


 Pemerintah telah menetapkan harga pupuk subsidi Urea Rp.112 ribu per zak dan Phonska Rp 115 per zak, tetapi kenyataan di lapangan kios pupuk selalu menaikkan harga diatas harga yang ditetapkan pemerintah. 


Menurut wawancara yang di lakukan awak media  kepada salah seorang pemilik kios pupuk yang dimaksud MT  yang beralamat di Jl Binjai KM 10,5  tentang harga penjualan pupuk bersubsidi melebihi harga yang ditetapkan pemerintah kepada petani. 


Pemilik kios mengakui menaikkan harga pupuk subsidi dengan alasan, untuk biaya operasional seperti,  biaya transportasi dan ongkos  pekerja untuk membawa pupuk tersebut kepada para petani, Ucapnya. 


Pada kesempatan tersebut awak media mempertanyakan, perihal kenaikan tersebut kepada salah seorang Tokoh Masyarakat Sumatera Utara yang peduli terhadap nasib para petani,  Burju Simatupang ST.SH. yang juga merupakan Ketua DPD SPRI SUMUT ( Serikat Pers Republik Indonesia) mengatakan, beliau akan menindak lanjuti  keterangan kenaikan harga pupuk tersebut dengan mempertanyakan langsung  kepada  Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang dan Aparat terkait. Burju meminta agar pemerintah dan aparat terkait  untuk meninjau  langsung  harga pupuk subsidi yang diberikan pengusaha kios pupuk kepada para petani, kenaikan harga pupuk subsidi yang sangat tinggi akan  sangat memberatkan dan merugikan petani di Kabupaten Deli Serdang.



MP Tim.

Share:
Komentar

Berita Terkini