Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Renungan Minggu : Spesial Dimata Tuhan. Nats: Kejadian 1:26.

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Medan  -  Sejak awal penciptaan Tuhan membuat perbedaan atas Manusia dalam seluruh ciptaanNya. Ketika Tuhan menciptakan alam semesta, bumi, dan segala isinya semuanya ciptakan dengan Firman. Tetapi ketika Tuhan menciptakan manusia, ada perbedaan cara menciptakannya, yaitu Tuhan turun tangan langsung dengan membentuk manusia tersebut dengan tanganNya, dan nafasNya. Artinya begitu specialnya(khusus) kita sebagai manusia ciptaaNya, sehingga apapun yang terhubung dengan manusia, Tuhan pasti turun tangan. Namun banyak orang percaya jaman sekarang sudah tidak lagi menyadari akan hal ini, sehingga Tuhan pun sulit untuk turun tangan langsung kepada kita, karena kita secara tidak sadar menolak dan bahkan tidak mengenal Allah yang adalah pencipta kita. Oleh sebab itu kita akan belajar untuk menyadari bahwa kita diciptakan secara special oleh Tuhan.


1. Serupa dan segambar Allah(khusus, istimewa, di utamakan). Kejadian 1:26. 

Ini yang harus kita sadari bahwa Tuhan menciptakan kita begitu sempurna, dan bahkan sangat mencerminkan siapa Allah dalam kehidupan kita. Seharusnya sebagai orang percaya, kita harus menyadari bahwa apa yang kita miliki itu semua berasal daripada Allah. Namun banyak orang percaya jaman sekarang tidak menyadari akan hal ini, sehingga berdampak kepada diri sendiri(minder, tidak mampu, dan bahkan merasa diri seorang pecundang). Efek daripada minder, akan berdampak ketidak percayaan diri, sehingga tidak lagi mempercayai Tuhan, dan bahkan menjadi lebih percaya kepada hal-hal(perdukunan, mengandalkan kekuatan dan kepintaran diri sendiri, dan sebagainya) yang membuat kita jauh daripada Tuhan. Oleh sebab itu sadari bahwa Tuhan selalu turun tangan langsung didalam kehidupa  kita, karena Dia menciptakan kita juga secara langsing oleh tanganNya. 


2. Sadari bahwa identitas kita adalah warga Kerajaan Allah. Filipi 3:20, Kejadian 1:26.

Ketika Tuhan menciptakan manusia, Tuhan telah menetapkan identitas kita siapa(Kejadian 1:26). Dalam Kejadian 1:26, "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita," ayat ini menunjukan bahwa Allah menciptakan identitas manusia begitu special, sehingga Allah begitu khusus membahas manusia ketika menciptakan manusia tersebut. Artinya disini saya mendapati bahwa identitas kita begitu special, dan tidak bisa dibanding-bandingkan dengan hal apapun. Namun banyak orang percaya akhir jaman ini lebih banyak "membanding-banding" kan dirinya dengan orang lain, baik itu harta, jabatan, kecantikan, dan sebagainya. Ketika membanding-banding diri kita dengan orang lain, itu artinya kita lupa siapa status atau identitas kita, sehingga kita malah merendahkan ciptaan Allah yang begitu special didalam kehidupan kita. Jadi pastikan kita tetap menyadari status dan identitas kita didalam Tuhan, bahwa kita adalah ciptaanNya yang begitu special. 


Kesimpulan: Jadi jelas bahwa hidup kita sebagai orang percaya, tidak akan bisa dibanding-bandingkan dengan hal apapun, karena kita diciptkan Allah begitu special. Sadari bahwa diri kita berharga, sehingga kita terus menjaga tubuh, jiwa, dan roh kita tetap didalamNya. Amin


Ev. Ariston Napitupulu S.Th, M.Th

Share:
Komentar

Berita Terkini