Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Penyambutan Kajari Toba Samosir yang Baru, Bupati Toba Singgung Restorative Justice

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Toba  -  Mengawali sambutannya, Bupati Toba, Poltak Sitorus mengucapkan selamat datang dan  selamat bertugas di Toba kepada Dohar Nosib Wirawarman Nainggolan sebagai Kajari Toba Samosir. 


"Bapak di sini sepertinya pulang kampung. Memang unik di daerah Toba ini, restorative  justice (RJ) sudah dikenal sejak dulu, adanya umpasa (Batak): Metmet bulung ni jior, metmetan bulung ni bane. Denggan roha partigor, dumenggan do si boan dame. Yang terbaik adalah cara berdamai," kata Poltak Sitorus dalam acara Penyambutan Kajari Toba Samosir Dohar Nosib Wirawarman Nainggolan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Balige, Senin (13/11/2023).


Poltak Sitorus juga berharap nantinya melalui RJ ini akan semakin sedikit persoalan tidak harus melalui pengadilan di daerah ini.


Soal adanya sejumlah masalah di masyarakat seperti judi, narkoba, dan kekerasan seksual di Kabupaten Toba, Bupati Toba, Poltak Sitorus  sepakat memerangi hal ini dengan bekerja sama Forkopimda serta stakeholder.


Diperlukan peranan sekecil apapun untuk  merubah mindset (pola pikir) ke arah yang lebih baik, Naraja sebagaimana filosofi Batak Naraja.(Marugamo/peduli, Maradat/sopan santun, Marparbinotoan/pintar bijaksana, Maruhum/taat aturan hukum).


Pada kesempatan ini Poltak Sitorus juga menyosialisasikan Event Aquabike World Championship dimana Kabupaten Toba menjadi salah satu tuan rumah pada 25-26 November 2023.


"Event bertaraf internasional ini harus sukses dan menjadi berkat. Dukungan pembangunan infrastruktur untuk menggaet investor dan masih banyak yang harus dikerjakan. Pature torus torus pature (perbaikan terus menerus)," katanya mengakhiri.


Kajari Toba Samosir yang baru, Dohar Nosib Wirawarman Nainggolan  dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Toba atas penyambutan sebagai Kajari Toba Samosir yang baru dilantik pada 1 November 2023.


"Terima kasih saya yang besar di perantauan Kini Bertugas di kampung sendiri," katanya didampingi istri Friska Pamelayanti Christina Manalu yang kini sebagai Ketua Adiyaksa Dharma Karini.


Mengenai permasalahan hukum narkoba dan pelecehan seksual di daerah ini, Jaksa yang sudah bertugas  selama 20 tahun di kejaksaan dan 2 tahun di Kejati Sumatra Utara ini mengharapkan kerja sama dengan semua pihak untuk penangannya terutama untuk pencegahannya.


Seusai sambutan, Dohar Nosib Wirawarman Nainggolan yang memiliki kampung halaman di Lumban Nainggolan, Marom, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba ini berduet dengan istri melantunkan lagu Batak berjudul Tangiang ni Dainang.


Hadir dalam acara penyambutan ini, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, Kapolres Toba Taufik Hidayat Thayeb, Wakil Ketua DPRD Candrow Manurung, Pabung Kodim 0210/TU Mayor K.Napitupulu, Sekda Augus Sitorus, Asisten, sejumlah pimpinan perangkat daerah, camat se-Kabupaten Toba, Tokoh masyarakat,dan Tokoh agama.


Turut hadir Ketua TP-PKK Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus, Wakil Ketua Ny.Erna Grace Tonny Simanjuntak, Ketua DWP Ny.Irma Augus Sitorus, dan undangan lainnya.



(MPNews/Rion Sigal)

Share:
Komentar

Berita Terkini