Selamat Datang di MediaPendampingNews.Com ➤ Cepat - Akurat - Terpercaya ➤ Semua Wartawan MediaPendampingNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.



Ir. Lamhot Sinaga Reses, Sambangi Daerah Salaon Kec. Ronggurnihuta Kab. Samosir.

Editor: MediaPendampingNews.com author photo

 


MPnews.Toba  -  Kamis, tanggal 13 April 2023 anggota DPR RI fraksi Golkar Ir. Lamhot Sinaga reses ke Desa Salaon Kec. Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir.


Mungkin belum banyak di antara kita yang pernah dengar nama Desa Salaon di Kecamatan Ronggur nihuta. Kalaupun pernah didengar belum tentu pernah ke sana. Desa Salaon ini terdiri dari 3 desa, ada Desa Salaon Toba, daerah paling bawah, lalu ada desa Salaon Tonga-Tonga, sepertinya namanya bagian pertengahan dan ada Desa Salaon Dolok paling atas. 


Menurut cerita mereka, Desa Salaon Dolok ini adalah salah satu daerah yang tertinggi di Kabupaten Samosir. Bisa kita bayangkanlah, jalan ke sana penuh belok naik dan turunnya curam. Ditambah jalannya masih rusak parah. Karena tingginya daerah itu, Air Bersih pun susah banget dan jadi masalah klasik di daerah Salaon, Ronggur Nihuta.


Reses Ir. Lamhot Sinaga di desa Salaon ini adalah untuk bertemu dengan masyarakat perwakilan dari 3 desa yaitu Desa Salaon Toba, Desa Salaon Tonga-Tonga dan Desa Salaon Dolok.


Lamhot Sinaga mendengar berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat di 3 desa ini. Di antaranya yang paling diutamakan adalah solusi untuk pengadaan Air Bersih. Selama ini masyarakat menampung air hujan untuk mereka gunakan. Bila tiba musim kemarau, mereka kesusahan akan air bersih. Bahkan mandi pun jarang, MCK terkendala. Masyarakat sangat berharap, Lamhot Sinaga bisa memberi solusi untuk pembangunan Air Bersih di 3 Desa itu.


Masalah yang lain adalah jalan yang rusak parah terutama akses ke sekolah bila turun hujan, sepatu anak anak penuh dengan lumpur. Demikian juga ada banyak jalan desa yang belum bisa dilalui kendaraan. Kebutuhan masyarakat yang lain adalah Traktor untuk mengolah lahan pertanian karena mayoritas mereka bertani dan punya ladang yg tak bisa maksimal dikerjakan bila hanya menggunakan tenaga manusia. Alat pertanian lain sangat dibutuhkan seperti mesin pemipil jagung dan mesin babat, semprot untuk hama dan penyakit.


Masyarakat juga menyampaikan perlu bantuan untuk pembangunan beberapa gereja di desa salaon. Juga untuk perbaikan sekolah.


Untuk memperjuangkan agar daerah Salaon bisa memperoleh kue pembangunan yang lebih baik masyarakat membentuk satu wadah yang mereka namakan Forum Masyarakat Salaon, Ringgurnihuta.


Atas berbagai permasalahan dan aspirasi yang didengar dan dilihat langsung oleh Lamhot Sinaga di Desa Salaon, Lamhot Sinaga memberikan beberapa solusi yang langsung terjawab.


Lamhot Sinaga saat Reses langsung membawa 3 unit cultivator (masing masing 1 unit per desa). 9 Unit Handsprayer (masing masing 3 unit per desa). Dalam kesempatan itu Lamhot Sinaga menambahkan akan mengirimkan dalam waktu dekat 3 unit mesin pemipil jagung (masing masing 1 unit per desa) dan 1 unit mesin pemotong rumput untuk sekolah dasar.


Terkait masalah Air bersih, solusi jangka pendek, Lamhot Sinaga akan meminjamkan 1 unit truk tangki air berkapasitas 8 ribu liter selama sebulan untuk digunakan warga di 3 desa Salaon. Karena untuk membangun Sarana Pengadaan Air Bersih untuk 3 Desa perlu anggaran yang besar dan Lamhot Sinaga akan memperjuangkan itu.


Solusi yang sama, Lamhot Sinaga akan meminjamkan Traktor Besar selama sebulan untuk mengolah lahan pertanian masyarakat Desa Salaon secara gratis.


Masyarakat melalui perwakilan 3 desa yang diwakilkan Bpk Sitanggang mengucapkan terimakasih banyak atas kedatangan Lamhot Sinaga ke desa Salaon. Baru pertama kali ini anggota Dewan dari pusat menginjakkan kaki di Desa Salaon, kata Pak Sitanggang. Untuk itu doa seluruh masyarakat Daerah Salaon agar Lamhot Sinaga sehat dan sukses untuk kembali duduk di DPR Pusat tahun 2024 yang akan datang. Kami siap berjuang untuk memenangkan Bapak meski tahun 2019 yang lalu, suara Bapak di Salaon ini kosong, tutup pak Sitanggang mengakhiri sambutannya.


Turut hadir dalam kunjungan ini, Rosinta Sitanggang (Ketua DPD II Golkar Samosir), Mangihut Sinaga (Ketua Tim Relasi Samosir), Megianto Sinaga (Tokoh Masyarakat Samosir), Kades dari 3 Desa daerah Salaon, dan Tokoh Masyarakat.


( MP Thompson  )

Share:
Komentar

Berita Terkini